Tips Merawat Kulkas 2 Pintu dengan Baik

Kulkas menyimpan semua bahan yang mudah rusak dan makanan di lingkungan yang aman dan nyaman untuk waktu yang lebih lama dari biasanya. Oleh karena itu, menjaga lemari es agar tetap berfungsi dalam jangka panjang menjadi suatu keharusan yang memerlukan perhatian pada berbagai petunjuk.

Berikut panduan tips merawat kulkas 2 Pintu dengan Baik untuk penggunaan jangka panjang.

Tips Merawat Kulkas 2 Pintu dengan Baik

Tips Penting Perawatan Kulkas 2 Pintu Dengan Baik Dan Benar

  1. Atur suhu dengan tepat

Penting untuk dipahami bahwa pengaturan suhu yang tepat sangatlah penting. Banyak faktor yang mempengaruhi suhu yang tepat. idealnya, suhunya sekitar 4° C untuk lemari es dan di bawah 0° C untuk freezer, jika Anda memiliki sistem suhu berbasis angka.

Jika Anda memiliki sistem berbasis skala, Anda dapat mengatur suhu ke sedang atau teratur tergantung pada suhu di luar agar lemari es tetap bekerja lebih lama. Jika suhu tidak disetel dengan benar, lemari es mungkin bekerja lebih lama dari biasanya atau mungkin tidak bekerja cukup lama untuk mempertahankan suhu ideal.

  1. Jangan menaruh minuman panas di lemari es

Memang benar kulkas dapat digunakan untuk menyimpan minuman agar tetap dingin dan selalu segar seperti saat pertama kali dibuka. Namun, menyimpan minuman panas langsung ke dalam lemari es akan memperburuk keadaan. Jadi pastikan minumannya dingin sebelum Anda memasukkannya ke dalam lemari es.

  1. Bersihkan koil kondensor

Biasanya bagian belakang dan bawah lemari es menampung kotoran, kotoran, bulu, dan bulu hewan peliharaan. Di situlah ditempatkan kumparan kondensor, yang secara teknis merupakan jantung dari lemari es. Hal ini memungkinkan lemari es melepaskan panas secara efektif.

Namun, penumpukan yang terus menerus dapat menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu jika Anda tidak merawatnya, sering kali menyebabkan kumparan terbakar, sehingga menimbulkan biaya perbaikan yang tidak diinginkan. Ini adalah skenario terburuk, namun jika kumparan dibiarkan kotor, kumparan tidak akan melepaskan panas secara efisien dan dapat merusak kinerja lemari es.

Disarankan untuk membersihkan kaleng dua kali setahun untuk menjaga agar lemari es tetap berfungsi dengan baik. Namun, menambahkan beberapa kali pembersihan sepanjang tahun hanya akan meningkatkan efisiensinya.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kumparan, atau gunakan kemoceng atau sikat kumparan untuk menggosoknya dengan baik. Anda dapat mencari di internet atau panduan pengguna untuk mengetahui penempatan kumparan pada model dan model lemari es Anda dan cara membersihkannya.

  1. Bersihkan lemari es Anda secara keseluruhan

Salah satu langkah penting dalam merawat lemari es untuk penggunaan jangka panjang adalah dengan membersihkan lemari es minimal dua kali setahun. Jumlahnya bisa bertambah, sehingga membantu Anda merawat alat lebih lama. Menyeka bagian dalam dan luar lemari es tidak hanya memberikan tampilan segar.

Namun, Anda juga menghilangkan kotoran, residu, dan zat yang tidak diinginkan sekaligus meningkatkan kondisinya ke tingkat yang lebih baik. Ini mungkin merupakan dasar dari pemeliharaan peralatan apa pun dan bukan hanya lemari es.

  1. Bersihkan menggunakan air hangat

Jika kulkas terlihat kotor, sebaiknya segera bersihkan dengan cara yang benar. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan air hangat dan kain lembut untuk menghilangkan kotoran.

  1. Jangan gunakan kulkas saat listrik mati

Pastikan Anda tidak menggunakan lemari es saat listrik mati. Yang dimaksud disini adalah membuka kulkas. Pastikan pintu lemari es tertutup rapat dan jangan langsung menyalakan lemari es setelah lampunya menyala kembali. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, kulkas dua pintu akan tetap terjaga kualitasnya seperti saat pertama kali digunakan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *