6 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate

Sebelum sesat di jalan, maka bekali diri terlebih dahulu dengan arah yang bisa menunjukkan jalan yang dituju. Termasuk juga bagi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja dan interview kerja. Sebelumnya bisa untuk mengetahui dan mempelajari cara-cara untuk memudahkan interview agar bisa berjalan dengan lancar. Contohnya saja cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate yang juga penting untuk diperhatikan sehingga bisa membuat tidak perlu deg-degan dan memberikan impresi yang baik pada pewawancara. Cara perkenalan diri yang baik dan tepat bisa digunakan tersebut, meliputi 6 langkah berikut ini :

6 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate

  1. Memperkenalkan diri

Hal pertama yang bisa diperhatikan ketiak memperkenalkan diri adalah dengan menyebutkan mengenai informasi-informasi basic yang bisa diberikan pada perusahaan. Saat memperkenalkan diri ini tidak boleh untuk oversharing terutama dengan kehidupan pribadi karena tidak relevan dengan pekerjaan. Di mana untuk hal-hal yang disebutkan dalam perkenalan diri adalah dengan menyebutkan informasi yang ditulis dalam surat lamaran dan juga CV. Sebutkan ulang informasi dasar yang ditulis tersebut seperti nama dan juga pendidikan terakhir yang ditempuh.

  1. Pengalaman yang dimiliki

Hal selanjutnya yang perlu disebutkan dalam perkenalan ketika wawancara kerja adalah menyebutkan pengalaman yang dimiliki. Fresh graduate biasanya belum mempunyai pengalaman kerja. Di mana hal tersebut bisa disebutkan dengan menyebutkan pengalaman organisasi yang dipunyai ketika di kampus. Sehingga hal tersebut juga bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Akan lebih baik ketika mempunyai pengalaman magang dan juga kerja sebelumnya. Bagi mahasiswa yang pernah untuk mempunyai pengalaman kerja bisa menyebutkannya selama mahasiswa ketika proses wawancara tersebut. Sampaikan pengalaman yang relevan bisa dilakukan sehingga bisa meningkatkan kesempatan diterima di tempat perusahaan yang Anda daftar.

  1. Kelebihan dan kekurangan yang dipunyai

Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate selanjutnya yang perlu disebutkan adalah mengenai kelebihan dan kekurangan yang dipunyai. Kualifikasi diri ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima pelamar kerja. Karena tidak hanya membutuhkan kemampuan saja, tetapi kepribadian yang cocok dengan kantor juga akan menjadi pertimbangan untuk menerima pelamar. Oleh karena itulah walaupun mempunyai kemampuan biasa tetap mempunyai karakteristik pekerja yang dicari kantor, bisa menjadi kesempatan untuk diterima di tempat tersebut. Berikan informasi mengenai kekurangan dan kelebihan yang dipunyai dengan singkat yang menjadi pertimbangan untuk kantor dapat merekrut Anda sebagai karyawan. Berikan juga hal-hal yang bisa dilakukan untuk bisa menutup kekurangan yang dipunyai sehingga hal tersebut tidak akan menjadi masalah untuk perusahaan kedepannya.

  1. Kepribadian dan minat

Hal selanjutnya yang perlu disebutkan adalah mengenai kepribadian dan juga minat yang dipunyai. Perkenalkan diri dengan memberikan keterangan singkat mengenai minat dan hobi yang dipunyai. Terutama ketika minat tersebut akan membantu dan berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Sehingga hal tersebut juga menjadi kelebihan yang bisa menjadi alasan perusahaan untuk menerima pelamar.

  1. Tetap tenang menjawab

Ketika diwawancarai tentunya akan grogi terutama bagi fresh graduate yang baru pertama kali untuk melewati pengalaman ini. Tetapi pastikan untuk memperkenalkan diri dengan tetap tenang. Hal ini juga dibutuhkan ketika misalnya diminta untuk memperkenalkan diri dalam bahasa asing. Akan lebih baik untuk berlatih sebelumnya sehingga tidak akan mengulang-ulang kalimat perkenalan diri yang akan disampaikan.

  1. Percaya diri memberikan jawaban

Hal terakhir untuk bisa diperhatikan ketika wawancara adalah dengan tetap percaya diri ketika memberikan jawaban. Setelah memperkenalkan diri tentunya akan ada pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Mulai dari alasan mendaftar, gaji yang diinginkan, contoh kasus yang bisa terjadi, dan lainnya. Latih jawaban sebelum wawancara sehingga bisa memberikan jawaban yang relevan.

Di atas merupakan tips yang bisa digunakan untuk cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate. Dengan sering mengikuti wawancara akan bisa terbiasa sehingga bisa melakukan perkenalan diri dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut menegenai tips-tips lainnya Anda bisa klik disini.

Untuk membantu wawancara tersebut berjalan dengan lancar yang memberikan impresi yang baik, lengkapi lamaran dengan menggunakan sertifikasi pelatihan yang diikuti. Fresh graduate bisa mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI yang membantu untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja mulai dari marketing, SCM, financing, hingga soft skill yang bisa ditingkatkan dari kelas pelatihan lembaga pelatihan tersebut.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *